STANDAR PELAYANAN ANC TERPADU

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

PersyaratanPelayanan

 

1.      Membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK)

2.      Membawa fotocopy KTP

3.      Membawa fotocopy Kartu BPJS

4.      Membawa Surat Kontrol/ Surat Rujukan dari RS/ dokter pemeriksa

2

Sistem, mekanisme, danProsedur

1.      Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrian di SIMPUS setelah pendaftaran diloket

2.      Petugas mempersiapkan kartu ibu

3.      Petugas melakukan anamnesa lengkap pada pasien baru dan anamnesa lanjut pada pasien lama

4.      Petugas menayakan keluhan pasien

5.      Petugas memberikan palayanan sesuai dengan kebutuhan pasien mulai dari pemeriksaan dan diagnosis sesuai dengan standart profesi dan standart asuhan dalam memberikan pelayanan medis

6.      Petugas melakukan pemeriksaan ibu hamil meliputi :

·           Timbang berat badan dan ukur tinggi badan

·           Ukur tekanan darah

·           Nilai status gizi (ukur lila)

·           (ukur) Tinggi fundus uteri

·           Tentukan Presentasi janin dan Denyut jantung janin

·           Srining status imunisasi TT(dan pemberian imunisasi TT)

·           Pemberian tablet Besi (90 tablet selama kehamilan)

·           Test laborat sederhana ( gol. Darah, HB, GDA, Protein urin) dan berdasarkan indikasi ( HBsag, HIV, Sifilis, Malaria, TBC)

·           Tata laksana kasus

·           Temu wicara (konseling) termasuk P4K dan KB

7.      Petugas melakukan penatalaksanaan sesuai SOP

8.      Petugas meminta kepada pasien untuk menandatangi informed consent sebelum dilakukan tindakan

9.      Petugas melakukan rujukan dengan unit lain jika diperlukan penanganan secara berkesinambungan

10.   Petugas mendokumentasikan semua kegiatan pelayanan secara lengkap pada SIMPUS

11.   Pasien menunggu obat di depan ruang tunggu Pelayanan Obat

3

Jangkawaktupelayanan

1.      Hari Buka : Setiap Hari Kerja (Senin – Sabtu)                          

2.      Jam Pelayanan

a.  Senin – Kamis     : jam 07.30 s/d 12.00

b.  Jum’at                  : jam 07.30 s/d 10.00

c.    Sabtu                 :  jam 07.30 s/d 11.00

3.      Lama pemeriksaan : sesuai dengan jenis palayanan

4

Biaya/tarif

1.      Pasien BPJS tidak dipungut biaya

2.      Pasien BPJS dengan tindakan yang tidak bisa diklaim dikenakan biaya sesuai perda

3.      Pasien umum dikenakan biaya sesuai perda

5

Produk pelayanan

Pelayanan ANC Terpadu

6

Penangananpengaduan, saran danmasukan, melalui :

 

1.      Telp atau WA di No. 081222234312

2.      Email Puskesmas Dringu : puskesmasdringu@gmail.com

3.      Kotak Saran / Pengaduan di Puskesmas

4.      Pelayanan Pengaduan Langsung

5.      Media Sosial : Facebook Puskesmas Dringu, Instagram Puskesmas Dringu, Youtube Puskesmas Dringu

STANDAR PELAYANAN ANC TERPADU
Scroll to top