STANDAR PELAYANAN KESEHATAN TRADISIONAL

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan Pelayanan

 

1.     Penyehat tradisioanal yang memiliki STPT

2.     Kelompok asuhan mandiri di wilayah kerja

3.     Panti Sehat yang berkelompok yang berijin di wilayah kerja

4.     Pembinaan penyehat tradisional diwilayah kerja

2

Sistem, mekanisme, dan Prosedur

1.     Penyehat tradisional yang memiliki STPT

2.     Petugas melakukan pendataan terhadap penyehat tradisional yang akan mengajukan STPT

3.     Petugas menjelaskan tentang syarat dan prosedur mengajukan STPT

4.     Penyehat tradisional yang akan mengajukan STPT bisa menghubungi petugas

5.     Penyehat tradisional mengajukan persyaratan STPT ke pelaksana program untuk dibantu proses pembuatan STPT

6.     Kelompok asuhan mandiri di wilayah kerja

a.      Petugas menyusun cek list pembinaan kelompok asuhan mandiri

b.      Petugas menyusun jadwal pembinaan secara periodik

c.      Petugas melakukan pembinaan secara periodik minimal 6 bulan sekali

d.      Melakukan monitoring perkembangan kelompok asman toga diwilayah kerja

7.     Panti sehat yang berkelompok yang berijin di wilayah kerja

Petugas mendata panti sehat berkelompok di wilayah kerja

8.     Pembinaan penyehat tradisional di wilayah kerja

a)  Petugas menyiapkan formulir untuk pembinaan penyehat tradisional di wilayah kerja

b)  Petugas menuju tempat lokasi penyehat tradisional

c)  Petugas melakukan penilaian dengan menggunakan formulir dan check list

d)  Petugas menyampaikan Hasil Penilaian kepada penyehat tradisional

e)  Apabila hasil tidak memenuhi syarat, member Rekomendasi dan saran  Perbaikan kepada penyehat tradisional

f)   Catat Hasil untuk dilaporkan kepada Kepala Puskesmas

3

Jangka waktu pelayanan

1.     Hari Buka : Setiap Hari Kerja (Senin-Sabtu)

2.     Jam Pelayanan    : Jam 08.00 – 12.00

3.     Lama Layanan     : Sesuai dengan Jenis Layanan Kesehatan Tradisional

4

Biaya/ tarif

Semua Jenis Layanan Kesehatan Tradisional tidak dipungut biaya kecuali pemeriksaan Laboratorium media lingkungan atas permintaan sendiri

5

Produk pelayanan

1.     Penyehat tradisonal yang memiliki STPPT

2.     Kelompok asuhan Mandiri mempunyai SK kepala Desa

3.     Panti sehat yang berkelompok memiliki ijin operasional

4.     Pembinaan penyehat tradisional minimal 50% jumlah seluruh penyehat tradisional di wilayah kerja

6

Penanganan pengaduan, saran dan masukan, melalui :

 

1.     Telepon atau WA di No. 081222234312

2.     Email Puskesmas Dringu : puskesmasdringu@gmail.com

3.     Kotak Saran / Pengaduan di Puskesmas

4.     Pelayanan Pengaduan Langsung

5.     Media Sosial : Facebook Puskesmas Dringu, Instagram Puskesmas Dringu, Youtube Puskesmas Dringu

STANDAR PELAYANAN KESEHATAN TRADISIONAL
Scroll to top