STANDAR PELAYANAN PENYAKIT ISPA PNEUMONIA

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan Pelayanan

 

1.      Membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK)

2.      Membawa fotocopy Kartu BPJS

3.      Membawa Surat Kontrol/ Surat Rujukan dari RS/ dokter pemeriksa

4.      Membawa buku KIA

2

Sistem, mekanisme, danProsedur

1.      Pasien mendaftar ke loket pendaftaran membawa persyaratan dan menyampaikan unit layanan rawat jalan yaitu pelayanan anak

2.      Petugas melakukan re-identifikasi identitas pasien

3.      Petugas melakukan anamnesa keluhan pasien

4.      Petugas mengisi form MTBM / MTBS ( pasien anak )

5.      Petugas melakukan pemeriksaan berdasarkan gejala :

a.Tanyakan berapa lama menderita batuk atau sukar bernafas

b.Hitung nafas dalam 1 menit lihat apakah ada tarian dinding dada kedalam

c.Lihat dan dengar adanya Ronchi dan Wheezing

d.Periksa dengan Pulse Oxymeter (jika ada) untuk menilai saturasi oksigen

6.      Petugas mengklasifikasi dari hasil pemeriksaan

a.     Batuk Bukan Pneumonia

1)    Beri pelega tenggorokan dan pereda batuk yang aman

2)     Obati wheeing bila ada

3)     Apabila batuk > 14 hari rujuk untuk pemeriksaan batuk karena sebab lain

4)     Apabila batuk > 21 hari rujuk untuk pemeriksaan TB

5)     Apabila wheezing berulang rujuk untuk pemeriksaan lanjutan

6)     Kunjungsn ulang 2 hari jika tidak ada perubahan

b.     Pneumonia

1)    Beri antibiotic 3 x sehari selama 3 hari atau 5 hari

2)     Beri pelega tenggorokandan pereda batuk yang aman

3)     Obati wheezing bila ada

4)     Apabila batuk > 14 hari atau wheezing berulang Rujuk untuk pemeriksaan lanjutan

5)     Kunjungan ulang 2 hari

c.      Pneumonia Berat

1)    Beri oksigen maksimal 2-3 liter/menit dengan menggunakan nasal prong

2)     Beri dosis pertama Antibiotik yang sesuai

3)     Rujuk Segera

7.      Pasien mengisi dan mendatangi inform consent apabila memerlukan tindakan

8.      Pasien mebayar biaya pemeriksaan dan menerima bukti bayar dari kasir jika ada tindakan

9.      Petugas melakukan rujukan eksternal jika pasien mebutuhkan rujukan

10.   Petugas melakukan rujukan internal dengan mengisi form rujukan ke unit pelayanan Puskesmas ( jika perlu)

11.   Pasien kembali ke unit layanan setelah mendapat peleyanan unit lain untuk mendapat KIE sesuai hasil kebutuhan pemeriksaan

12.   Petugas mengisi simpustronik data hasil pemeriksaan dan pengobatan pasien

13.   Pasein menunggu obat di depan ruang tunggu Pelayanan Obat

3

Jangka waktu pelayanan

1.      Hari Buka Pelayanan : Setiap hari Kerja (Senin – Sabtu)

2.      Jam Pelayanan :

a.     Senin–Kamis : jam 07.30 s/d 12.00

b.     Jum’at            : jam 07.30 s/d 10.00

c.      Sabtu             : jam 07.30 s/d 11.00

3.      Lama pemeriksaan : sesuai jenis pemeriksaan

 

Biaya/tarif

Biaya sesuai jenis pemeriksaan yang telah dilakukan, dengan tarif berdasar Peraturan Bupati (PERBUP) NO. 1, Kabupaten Probolinggo TH 2019 Tentang penyesuaian tarif retribusi pelayanan kesehatan pada Pusat Kesehatan Masyarakat dan laboraturium kesehatan daerah Kabupaten Probolinggo

5

Produk pelayanan

Pemeriksaan penyakit infeksi saluran nafas dan pneumonia

6

Penanganan pengaduan, saran dan masukan, melalui :

 

1.      Telepon atau WA di No. 081222234312

2.      Email Puskesmas Dringu : puskesmasdringu@gmail.com

3.      Kotak Saran / Pengaduan di Puskesmas

4.      Pelayanan Pengaduan Langsung

5.      Media Sosial : Facebook Puskesmas Dringu, Instagram Puskesmas Dringu, Youtube Puskesmas Dringu

 

STANDAR PELAYANAN PENYAKIT ISPA PNEUMONIA
Scroll to top