STANDAR PELAYANAN PROGRAM DBD

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan Pelayanan

 

1.     Terdapat pasien DBD

2.     Data KTP / KK  Pengelola / Sasaran

3.     Rumah pasien DBD dan sekitar pasien DBD

2

Sistem, mekanisme, dan Prosedur

1.     Mengendalikan penyakit menular yang berpotensi menyebabkan wabah secara pasif pro aktif

2.     Menemukan dan memeriksa sedini mungkin penderita yang positif DBD yaitu :

a.  Berkolaborasi dengan petugas laborat untuk pengambilan sample darah kapiler dari suspeck yang dicurigai menderita DBD yang dikarenakan panas kurang lebih 7hari yang tak kunjung turun

b.  Melakukan rujukan ke Rumah Sakit jika tanda-tanda klinis dan hasil laborat mengarah pada diagnosa DBD

c.   melakukan pengobatan jika hasil laborat masih di atas trombosit 100.000 dan tidak ada tanda-tanda klinis yang buruk

3.     Melakukan Penyelidikan Epidimiologi dirumah terjangkit DBD dan rumah sekitar seluas jarak 100meter dari depan belakang kanan dan kiri dari rumah terjangkit DBD

4.     Memberikan penyuluhan tentang Pemberantasan Sarang Nyamuk pada anggota keluarga untuk menghindari penularan

3

Jangka waktu pelayanan

1.     Hari Buka : Setiap Hari Kerja (Senin–Sabtu)

2.     Jam Pelayanan      : Kegiatan secara insidentil

3.     Tempat Pelayanan : Dalam gedung dan luar

                                       gedung

4.     Lama Layanan       :  Sesuai dengan Jenis

                                        Layanan yang dilakukan

4

Biaya/tarif

Semua Jenis Layanan tidak dipungut biaya kecuali pemeriksaan Laboratorium media lingkungan atas permintaan sendiri

5

Produk pelayanan

Pelayanan Kesehatan Pasien DBD

6

Penanganan pengaduan, saran dan masukan, melalui :

 

1.      Telepon atau WA di No. 081222234312

2.      Email Puskesmas Dringu : puskesmasdringu@gmail.com

3.      Kotak Saran / Pengaduan di Puskesmas

4.      Pelayanan Pengaduan Langsung

5.      Media Sosial : Facebook Puskesmas Dringu, Instagram Puskesmas Dringu, Youtube Puskesmas Dringu

STANDAR PELAYANAN PROGRAM DBD
Scroll to top