STANDAR PELAYANAN PROGRAM MALARIA

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan Pelayanan

 

1.     Terdapat pasien malaria yang positif

2.     Data KTP / KK  Pengelola / Sasaran

3.     Rumah pasien malaria dan sekita pasien malaria

2

Sistem, mekanisme, dan Prosedur

1.     Mengendalikan penyakit menular yang berpotensi menyebabkan wabah secara pasif pro aktif

2.     Menemukan dan memeriksa sedini mungkin penderita yang posit malaria yaitu :

a.   Berkolaborasi dengan petugas laborat untuk pengambilan sample darahkapiler dari suspeck yang dicurigai menderita malaria dikarenakan pulang dari luar pulau jawa yaitu dengan panas tinggi disertai menggigil

b.   Mengadakan survey migrasi kepada penderita yang sudah dinyatakan positif malaria

c.   Memberikan penyuluhan pada anggota keluarga untuk menghindari penularan

3.     Segera mengobati penderita positif malaria sesuai dengan klasifikasi malarianya. Ada beberapa jenis plasmodium malaria yang sering ditemukan yaitu: plasmodium falcifarum,plasmodium vivax,plasmodium malariae,mix plasmodium vivax dan plasmodium falcifarum

4.     Melakukan pemeriksaan jentik di rumah pasien dan tetangga sekitar rumah pasien positif malaria untuk menghindari penyebaran penyakit malaria yang dibawa oleh nyamuk anoples

5.     Memberikan penyuluhan terhadap anggota keluarga untuk menjaga kebersihan dan meingkatkan gizi penderita

6.     Melakukan pelaporan kejadian malaria secara online e sismal dan kepada dinas kesehatan

3

Jangka waktu pelayanan

1.     Hari Buka : Setiap Hari Kerja (Senin–Sabtu)

2.     Jam Pelayanan : Kegiatan secara insidentil

3.     Tempat Pelayanan : Dalam gedung dan luar

                                       gedung

4.     Lama Layanan : Sesuai dengan Jenis Layanan

                                 yang dilakukan

4

Biaya/tarif

Semua Jenis Layanan tidak dipungut biaya kecuali pemeriksaan Laboratorium media lingkungan atas permintaan sendiri

5

Produk pelayanan

1.     Pelayanan Kesehatan Pasien Malaria

6

Penanganan pengaduan, saran dan masukan, melalui :

 

1.      Telepon atau WA di No. 081222234312

2.      Email Puskesmas Dringu : puskesmasdringu@gmail.com

3.      Kotak Saran / Pengaduan di Puskesmas

4.      Pelayanan Pengaduan Langsung

5.      Media Sosial : Facebook Puskesmas Dringu, Instagram Puskesmas Dringu, Youtube Puskesmas Dringu

STANDAR PELAYANAN PROGRAM MALARIA
Scroll to top