STANDAR PELAYANAN KESEHATAN LINGKUNGAN (UKM)

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan Pelayanan

 

1.     Permasalahan Kesehatan Lingkungan, Penyakit berbasis lingkungan atau permasalahan lintas program kesehatan terkait

2.     Data KTP / KK  Pengelola / Sasaran

3.     Institusi Pendidikan di wilayah kerja

4.     Institusi Kesehatan di wilayah kerja

5.     Tempat-tempat Umum di wilayah kerja

6.     Tempat Pengolahan Makanan di wiayah kerja

7.     Rumah tidak sehat di wilayah kerja

8.     KK yang belum akses 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

2

Sistem, mekanisme, dan Prosedur

1.     Petugas menyiapkan formulir sesuai jenis Pelayanan Kesehatan Lingkungan yang dibutuhkan

2.     Petugas menuju tempat lokasi Sarana Yang membutuhkan Pelayanan Kesehatan Lingkungan

3.     Petugas melakukan Inspeksi dan penilaian dengan menggunakan formulir dan check list sesuai jenis Pelayanan Kesehatan Lingkungan yang dibutuhkan

4.     Petugas menentukan faktor resikonya (Rendah, Sedang, Tinggi, Amat Tinggi) atau (Memenuhi Syarat / Tidak)

5.     Petugas Menyampaikan Hasil Penilaian kepada pemiliknya

6.     Petugas memberikan Rekomendasi dan saran  Perbaikan kepada pengguna/pemilik berdasarkan penilaian dengan hasil Tinggi dan amat tinggi

7.     Petugas mencatat Hasil Inspeksi untuk dilaporkan kepada Kepala Puskesmas

8.     Petugas Mengisi Laporan Hasil Inspeksi ke E-Monev

3

Jangka waktu pelayanan

1.     Hari Buka          : Setiap Hari Kerja (Senin – Sabtu)

2.     Jam Pelayanan : Jam 10.00 – selesai

3.     Lama Layanan  : Sesuai degan Jenis Layanan

                                  Kesehatan Lingkungan

 

Biaya/tarif

Semua Jenis Layanan Kesehatan Lingkungan tidak dipungut biaya kecuali pemeriksaan Laboratorium media lingkungan atas permintaan sendiri

5

Produk pelayanan

1.     Penyehatan Air

2.     Penyehatan Makanan dan Minuman

3.     Penyehatan Perumahan dan Sanitasi Dasar

4.     Pembinaan Tempat-tempat Umum

5.     Pelayanan Kesehatan Lingkungan

6.     Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

6

Penanganan pengaduan, saran dan masukan, melalui :

 

1.     Telepon atau WA di No. 081222234312

2.     Email Puskesmas Dringu : puskesmasdringu@gmail.com

3.     Kotak Saran / Pengaduan di Puskesmas

4.     Pelayanan Pengaduan Langsung

5.     Media Sosial : Facebook Puskesmas Dringu, Instagram Puskesmas Dringu, Youtube Puskesmas Dringu

STANDAR PELAYANAN KESEHATAN LINGKUNGAN (UKM)
Scroll to top