STANDAR PELAYANAN KIA, KB DAN IMUNISASI

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

PersyaratanPelayanan

 

1.      Membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK)

2.      Membawa fotocopy KTP

3.      Membawa fotocopy Kartu BPJS

4.      Membawa Surat Kontrol/ Surat Rujukan dari RS/ dokter pemeriksa

2

Sistem, mekanisme, dan  Prosedur

1.      Petugas memanggil asien sesuai nomor antrian di SIMPUS

2.      Petugas mengidentifikasi apakah pasien membutuhkan pelayanan KIA, KB dan Imunisasi

3.      Petugas melakukan anamnesa keluhan pasien

4.      Petugas mengisi form MTBM / MTBS (Anak), form kartu ibu hamil dan buku KIA (ibu hamil/nifas), dan K4 KB

5.      Petugas memberikan palayanan sesuai dengan kebutuhan pasien mulai dari pemeriksaan dan diagnosis sesuai dengan standart profesi dan standart asuhan dalam memberikan pelayanan medis

6.      Petugas melakukan penatalaksanaan sesuai SOP

7.      Petugas meminta kepada pasien untuk menandatangi informed consent sebelum dilakukan tindakan

8.      Petugas melakukan pemeriksaan penunjang jika diperlukan

9.      Petugas melakukan rujukan dengan unit lain jika diperlukan penanganan secara berkesinambungan

10.   Petugas mendokumentasikan semua kegiatan pelayanan secara lengkap pasa SIMPUS

11.   Pasien menunggu obat di depan ruang tunggu Pelayanan Obat

3

Jangka waktu pelayanan

1.      Hari Buka : Setiap Hari Kerja (Senin – Sabtu)

       Safari KB ( Selasa dan Kamis)

       Imunisasi (Senin)

2.      Jam Pelayanan

a.     Senin – Kamis : jam 07.30 s/d 12.00

b.     Jum’at              : jam 07.30 s/d 10.00

c.      Sabtu               jam 07.30 s/d 11.00

3.      Lama pemeriksaan : sesuai dengan jenis palayanan

4

Biaya/tarif

1.      Pasien BPJS tidak dipungut biaya

2.      Pasien BPJS dengan tindakan yang tidak bisa diklaim dikenakan biaya sesuai perda

3.      Pasien umum dikenakan biaya sesuai perda

5

Produkpelayanan

Pelayanan Ibu Hamil/nifas, Pelayanan Anak, Pelayanan KB implant, IUD dan IVA, Suntik 3 bulan, Kondom, Pil, Pemeriksaan fisik, Pengobatan ringan, Pemberian Surat Rujukan internal / external dan Imuisasi

6

Penanganan pengaduan, saran dan masukan, melalui :

 

1.      Telepon atau WA di No. 081222234312

2.      EmailPuskesmasDringu: puskesmasdringu@gmail.com

3.      Kotak Saran / Pengaduan di Puskesmas

4.      Pelayanan Pengaduan Langsung

5.      Media Sosial : Facebook Puskesmas Dringu, Instagram Puskesmas Dringu, Youtube Puskesmas Dringu

 

STANDAR PELAYANAN KIA, KB DAN IMUNISASI
Scroll to top